Blogroll

Pages

Rabu, 25 Januari 2012

DEATH NOTE


Artikel kali ini tentang kisah Death Note yang populer di Jepang beberapa waktu yang lalu. Cerita ini asalnya dimuat pertama kali dalam bentuk komik atau Manga, karanganTsugumi Ohba, diterbitkan pertama kali diWeekly Shonen Jump akhir tahun 2003. Karena laris dan populer, mulai dibuat film kartun atauAnime, novel, dan film layar lebar yang terdiri dari 2 sekuel. Saking populer dan larisnya film layar lebarnya, dibuat film sampingan yang menceritakan riwayat tokoh dalam kisah aslinya.
Kisah ini menceritakan tentang pelajar cerdas yang bernama Light (prononsiasi Jepang Raito) Yagami yang muak dengan kejahatan dan korupsi di dunia. Hidupnya berubah drastis setelah dia menemukan sebuah Note (buku catatan) misterius, yang disebut Death Note. Bila nama seseorang ditulis dalam buku tersebut, orang itu akan mati tidak lama kemudian. Light mulai bertindak sebagai hakim dunia dengan menulis nama2 orang2 kriminal dan korupsi. Orang2 kriminal dan korupsi yang tertulis namanya dalam Death Note, segera meninggal. Lightmerasa puas, bisa membasmi kejahatan dan berjasa bagi masyarakat. Masyarakat mengenal pembunuh para kriminal ini sebagai Kira(prononsiasi bahasa Jepang dari Killer).

Kematian orang2 secara mendadak itu akhirnya menarik perhatian Organisasi Polisi Internasional. Organisasi ini mempekerjakan seorang detektif misterius bernama "L". L berhasil mengidentifikasi bahwa pembunuh serial ini berada di Jepang, dan pembunuh ini bisa membunuh orang tanpa menyentuh orang yang dibunuhnya.
Pertarungan antar Light dengan L dimulai karena niat L dan Organisasi Polisi Internasional untuk membongkar dan menghentikan kasus pembunuhan2 misterius ini, sejalan dengan kontroversi di masyarakat juga tumbuh, sebagian mendukung Kira sebagai pahlawan, sebagian lain menganggap Kira hanya seorang pembunuh berdarah dingin.
Pertarungan Light dengan L semakin seru karenaLight mulai menggunakan Death Note untuk membunuh para polisi yang berusaha menghentikan dia, terutama musuh utamanya si L. Mungkin pertentangan batin dalam pembaca/ penggemar kisah ini terjadi, antara anggapan Light sebagai pahlawan atau tokoh gelap.
Saking populer dan larisnya film layar lebarnya, dibuat film sampingan yang menceritakan riwayat tokoh si L. Juga dibuat Video Games-nya.

Reaksi:

1 komentar: